PI Meet

Dalam bukunya, Beating The Street, Peter Lynch bercerita tentang sebuah organisasi bernama National Association of Investors Corporation (NAIC). Organisasi ini terdiri dari 10 ribu klub kecil yang rutin mengadakan pertemuan untuk memilih saham yang akan diinvestasikan bersama. Setiap bulan mereka berkumpul di sebuah hotel atau di rumah salah satu anggotanya untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai perusahaan yang mereka sukai. Setiap orang akan membahas satu atau dua perusahaan dan juga bertanggungjawab untuk mengikuti perkembangan perusahaan itu.

Analisa yang mereka lakukan didasari oleh panduan yang ditulis di The Investor NAIC Manual. Beberapa poin penting di buku itu adalah:

  • Peganglah saham sebanyak yang bisa kita handle
  • Cek apakah keuntungan perusahaan bertumbuh secara normal dan bisa dibeli di harga yang masuk akal
  • Cek apakah struktur modal perusahaan cukup kuat untuk menghadapi beberapa tahun yang buruk

Selama tahun 80-an, mayoritas dari club di dalam NAIC berhasil mengalahkan persentase S&P 500 dan 75% dari seluruh reksadana di Amerika. Tahun 1991 61.9% dari klub NAIC berhasil menyamai atau mengalahkan S&P 500 dan angka itu naik menjadi 69% di tahun 1992.

Terinspirasi dari sana, saya berencana membuat perkumpulan yang mirip dengan klub di dalam NAIC. Saya mulai menyusun rencana untuk membuat suatu tempat dimana para investor bisa saling bertukar ide dan berdiskusi mengenai perusahaan terbuka di Indonesia.

Saya juga kurang suka dengan grup-grup Whatsapp dan Telegram yang mayoritas komunikasi satu arah. Bila anda bergabung dengan grup itu pasti anda tahu bahwa omongan yang paling didengarkan dan selalu dianggap benar adalah omongan orang yang dikagumi (biasanya sih founder grupnya) saja, sedangkan para member lain hanya bertanya saja dan gak pernah memberikan hasil analisanya. Mungkin ada yang sudah sharing analisanya tapi tidak didengarkan karena bukan figur yang dikagumi di grup tersebut.

Maka pada tanggal 23 Januari 2021 saya mengadakan PI Meet pertama yang berisikan 3 pembicara dan sekitar 25-an pendengar. Acara berlangsung kurang lebih satu jam dan atmosfernya santai. Pertama saya menjelaskan tujuan dan peraturan PI Meet dan setelahnya saya lanjutkan untuk menjelaskan perusahaan BFI Finance. Setelah itu giliran pembicara lain yang sudah menyiapkan bahan untuk membahas PANS. Terakhir ada satu pembicara yang seharusnya mau membahas AUTO, namun karena keterbatasan waktu, beliau tidak bisa hadir dan ngomong langsung di PI Meet itu. Jadi saya memberikan saran kepada beliau untuk tulis saja analisanya dan saya bacakan. Akhirnya beliau tulis dan sudah diberikan ke saya semalam sebelumnya, jadi saya ada waktu untuk mempelajarinya supaya ngomongnya bisa lancar waktu acara.

PI Meet akan saya adakan sebulan sekali melalui online meeting. Semua orang boleh ikutan asal memenuhi 3 peraturan utama di bawah ini:

  • Everybody has to present at least 1 company
  • Everybody may asks questions to the presenter
  • Nobody criticizes and judges presenter’s analysis

Sebenernya peraturan lainnya juga ada, tapi tiga ini yang paling utama. Tujuan dibuatnya peraturan itu adalah agar semua partisipan bisa saling berkontribusi, tidak ada yang hanya menerima informasi gratisan. Juga peraturan ini “memaksa” peserta untuk menganalisa dulu sebelum berinvestasi di suatu saham karena banyak sekali investor yang tidak memahami benar perusahaan yang sedang diinvestasikannya. Terakhir, larangan untuk mengkritik dan mengomentari analisa saya berlakukan karena analisa setiap orang pasti mengandung bias dan subjektifitas jadi saya tidak merasa perlu ada kritik. Lebih baik diisi pertanyaan dan jawaban saja.

Saya berharap PI Meet bisa digunakan dengan baik dan bisa membantu para investor dalam analisa perusahaan dan keputusan berinvestasi. Semoga partisipan PI Meet juga semakin banyak dan semakin berkualitas. See you in the next PI Meet.

PS: Sudah ada 5 orang yang akan membahas berbagai perusahaan di PI Meet Februari, bagi yang mau gabung bisa ngomong di grup telegram atau japri saya saja. PI Meet tidak akan direkam.

Video PI Meet Januari 2021 bisa ditonton di YOUTUBE.
Manual PI Meet bisa dibaca di GOOGLE DRIVE.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *